You are here
Nasional 

Kabinet Kerja Jokowi Kini

joko

JAKARTA (LN)- Presiden Joko Widodo melantik 12 menteri baru dan satu Kepala BKPM di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7/2016) siang. Upacara pelantikan digelar pukul 13.35 WIB.

Kumandang ‘Indonesia Raya’ mengawali rangkaian pelantikan itu. Kemudian, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Sekretariat Negara Cecep Sutiawan membacakan surat Keputusan Presidententang pengangkatan itu.

Surat Keppres pengangkatan 12 menteri bernomor 83P Tahun 2016. Sementara, nomor Keppres pengangkatan pimpinan BKPM, yakni bernomor 84P Tahun 2016.

Usai pembacaan surat Keppres tentang pengangkatan, para menteri diambil sumpah jabatannya oleh pemuka agama masing-masing dan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Terakhir, para menteri dan Kepala BKPM yang baru dilantik menandatangani berita acara pelantikan disusul pemberian selamat oleh seluruh tamu yang hadir.

Acara pelantikan tersebut berlangsung secara khidmat dan singkat, hanya sekitar 15 nenit saja di dalam ruang Istana Negara. Sebelum dilanjutkan dengan agenda rapat paripurna. Jajaran menteri Kabinet Kerja serta pimpinan DPR RI, MPR RI dan DPD hadir dalam acara tersebut.

Sejumlah menteri eks reshuffle tak menghadiri agenda pelantikan kabinet kerja baru oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Menteri kabinet yang keluar dari lingkaran istana mayoritas tak ada yang hadir, hanya Saleh Husen saja yang terlihat masuk ke area istana.

Anies Baswedan salah satunya. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tak hadir sekitaran istana. Anies seperti diketahui posisinya digantikan oleh Muhajir Effendi.

Di istana, tampak beberapa menteri turut menghadiri pelantikan tersebut. Baik menteri yang tetap di posisi maupun yang telah dicopot. Beberapa menteri dan kepala lembaga negara lain, terlihat memasuki istana untuk menghadiri pelantikan.

Berikut daftar menteri baru tersebut:

1. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

3. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo

4. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

5. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

6. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

7. Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto

8. Menteri ESDM Archandra Tahar

9. Menteri PAN dan RB Asman Abnur

10. Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan

11. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil

12. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong

13. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment